Tim SAR Lakukan Pencarian KM Baruna Jaya yang Hilang Kontak di Perairan Sumenep

Banner

SUMENEP, detikkota.com – Kondisi cuaca di perairan Sumenep nampaknya masih belum sepenuhnya aman untuk pelayaran. Sebuah kapal, KM Baruna Jaya yang berangkat dari Pelabuhan Boom, Banyuwangi pada Rabu (1/3/2023) sore hingga saat ini belum sampai ke tempat tujuan, Pulau Sapeken Sumenep.

Pemilik kapal, Panyo menceritakan, kapal dengan 5 anak buah kapal (ABK) itu hilang kontak di perairan Sumenep.

Banner

Dalam keadaan normal, lanjutnya, seharusnya kapal sampai di Pulau Sapeken pada Kamis (2/3/2023). “Namun, hingga saat ini belum sampai ke Sapeken”, kata Panyo, Jumat (3/3/2023).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Wahyu Kurniawan Pribadi menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi kecelakaan laut itu dari Tim SAR (search and rescue).

“KM Baruna Jaya awalnya berangkat dari Pulau Sapeken ke Banyuwangi untuk belanja sembako. Perjalanan dari Sapeken hingga ke Banyuwangi lancar. Nah, dari Banyuwangi itu saat akan kembali ke Sapeken kapal hilang kontak,” jelasnya.

KM Baruna Jaya mengangkut 5 orang, terdiri dari 1 nahkoda dan 4 ABK. Nahkoda KM Baruna yakni Subhan Husaini (45). Sedangkan ABK yakni Farid Sugianto (28), Hairul (21), Talid Daen Malanti (35), dan Isak (40), semuanya warga Desa Sapeken.

“Atas musibah itu, kami langsung berkoordinasi dengan instansi terkait. Saat ini Tim SAR sedang melakukan pencarian dengan menggunakan KN SAR 249 Permadi,” ungkapnya.

Saat ini, cuaca di perairan Sumenep hujan ringan. Tinggi gelombang saat ini di atas 2 meter.(red)

title="banner"