Babinsa Tangkap Pencuri Kotak Amal Masjid

Dua Tersangka yang berhasil diamankan
Banner

PAMEKASAN, detikkota.com – Kasus pencurian kotak amal masjid di Kabupaten Pamekasan berhasil terungkap berkat peran serta Babinsa Kelurahan Bugih, Serma Mohammad Bahrul.

Hal itu dibenarkan Letkol Inf Tejo Baskoro, Dandim 0826 Pamekasan. Mohammad Bahrul yang juga sebagai Bati Wanwil Ramil 0826/01 Dim 0826 Pamekasan ini melakukan penangkapan pada Rabu (9/12/2020).

Banner

“Naluri sebagai Babinsa untuk menolong dan membantu masyarakat serta membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas sudah menjadi tugas seorang Babinsa, sehingga harus terus bersemangat dan berani serta pantang mundur dalam membela dan menegakkan kebenaran,” ujarnya. Kamis (10/12/2020)

Lebih lanjut, Ia menguraikan kronologi kejadiannya. Sekira pukul 14.00 Wib, Babinsa Kelurahan Bugih ini mendapat laporan dari H Dofir, Takmir masjid Nurul Falah yang berada di Jalan Pintu Gerbang Gg 5, Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan.

Babinsa Kelurahan Bugih ini kemudian langsung bergegas melakukan Matbar di berbagai tempat dengan rekan jaring Babinsa.

“Pada pukul 17.00 Wib, Babinsa langsung melakukan penangkapan di daerah Desa Jalmak. Dan tersangka langsung dibawa ke kantor Koramil 0826/01Kota dengan aman,” jelasnya

Pelaku yang berhasil ditangkap adalah Rizal Afandi (17) warga Teja Timur, sedangkan pelaku eksekutor adalah Samsul Komar (22) warga Desa Buddagan.

Dengan adanya kejadian itu, semua takmir masjid Nurul Falah, Kapolsek Kota, Lurah Bugih, Kades Teja Timur, dan juga orang tua pelaku hadir di ruangan aula koramil 0826/01 Kota.

Sebagai efek jera, para pelaku kemudian di bawa oleh Polsek kota untuk di dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Diketahui, para pelaku ini sudah melakukan pencurian kotak amal masjid di beberapa titik yang ada di wilayah Kabupaten Pamekasan. Diantaranya adalah Kelurahan Bugih, Desa panempan, Desa Lemper, Desa Proppo, dan Desa Larangan Tokol. (Fauzi)

title="banner"