Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Jayapura Papua Pagi Tadi, Tidak Berpotensi Tsunami

Banner

PAPUA, detikkota.com – Gempa Magnitudo 5,7 mengguncang Jayapura, Papua, Jumat pagi tadi (21/06/2024) pukul 07.11.19 Wib. Meski cukup besar gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dalam keterangan tertulisnya, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,5.

Banner

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,59° LS ; 139,95° BT. Atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Jayapura, Papua pada kedalaman 86 km.

Lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan kerak bumi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip ),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Wamena dengan skala intensitas II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. “Terasa getaran seakan akan truk berlalu,” ujarnya.

Kemudian, daerah Kota Jayapura dan Kab. Jayapura dengan skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ucap Daryono.

Hingga pukul 07.30 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Meski demikian, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

title="banner"