Hadapi Dampak El Nino, Bupati Sumenep Instruksikan OPD Ambil Langkah Antisipatif

Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo.
Banner

SUMENEP, detikkota.com – Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo meminta semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajarannya meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah cepat dalam menghadapi dampak fenomena El Nino.

Menurutnya, perubahan cuaca yang ekstrem akibat El Nino dapat berdampak serius, terutama pada ketersediaan air di beberapa wilayah sehingga berpotensi menyebabkan gagal panen, serta mengancam ketahanan pangan daerah.

Banner

Bupati Fauzi meminta instansi terkait bersinergi dengan para petani dalam upaya menjaga keberlangsungan produksi pertanian, dan memastikan pasokan air cukup.

“Kita harus memperhatikan kebutuhan air di daerah-daerah yang mengalami kekeringan. Kami akan terus memantau kebutuhan air dan segera mengirimkan bantuan jika diperlukan,” tegasnya, Sabtu (16/9/2023).

Fauzi mengatakan bahwa, Pemkab Sumenep telah melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi terkena dampak El Nino, seperti daerah yang mengalami kekeringan dan kekurangan air.

Berdasarkan pemetaan tersebut, seluruh OPD terkait, termasuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) telah diinstruksikan untuk melakukan pemantauan secara aktif terhadap aktvitas pertanian di Sumenep guna mencegah terjadinya gagal panen.

Selain itu, lanjutnya, BPBD dan Dinas Sosial Perlindungan Pemberdayaan Perempuan, dan Anak (Dinsos P3A) juga diminta untuk bersiap-siap dalam memastikan ketersediaan air yang akan didistribusikan kepada masyarakat jika situasi memburuk.

“Kami menginstruksikan semua OPD terkait untuk bekerja sama dalam menghadapi dampak El Nino di Sumenep,” tegasnya.

title="banner"