Hilang Terbawa Arus, Perahu Nelayan di Garut Ditemukan dalam Keadaan Rusak

Banner

GARUT, detikkota.com – Sebuah kejadian kehilangan perahu nelayan tanpa awak, bernama perahu Amanah 02. Perahu milik Rizki Setiawan (33) warga Kecamatan Cikelet ini diketahui hilang saat sedang lego jangkar di Pantai Panjaringan Santolo, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Perahu nelayan pertama kali diketahui hilang pada hari Selasa tanggal 2 Juli 2024, sekitar pukul 21.30 WIB, saat pemiliknya menerima telefon dari seorang rekannya bernama Yuri yang memberitahukan bahwa perahunya hilang saat sedang lego jangkar di pantai.

Banner

Pemilik perahu beserta nelayan setempat sudah melakukan upaya pencarian di sekitar lokasi hilang namun tidak berhasil menemukannya. Lalu mereka melaporkan kejadian tersebut ke kantor Satuan Polisi Perairan Dan Udara (Sat Polairud) Polres Garut.

Sat Polairud Polres Garut yang dipimpin oleh AKP Anang Sonjaya, membentuk tim investigasi dan terjun langsung ke lapangan, dengan harapan dapat menemukan perahu tersebut.

Hingga akhirnya Sat Polairud Polres Garut berkoordinasi dengan Sat Polairud Polres Cianjur dan Sat Polairud Polres Pangandaran, lalu menemukan informasi bahwa perahu bernama Amanah 02 itu telah berhasil di ketemukan namun dalam kondisi rusak oleh nelayan di daerah Cidaun Kabupaten Cianjur, Rabu (03/07/2024) kemarin.

Diduga perahu itu terbawa arus gelombang ke arah Barat setelah lepas dari jangkarnya. Kemudian pemilik kapal yang didampingi oleh petugas Sat Polairud Polres Garut kini bergerak menuju daerah Cidaun Kabupaten Cianjur untuk melakukan evakuasi atau penjemputan kapal tersebut.

AKP Anang menyebutkan jika kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya keselamatan dan keamanan dalam beraktivitas di perairan, terutama bagi para nelayan yang mengandalkan perahu sebagai sarana utama dalam mencari nafkah.

“Pihak terkait diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran akan faktor keamanan maritim serta memberikan dukungan dalam upaya pencarian dan penemuan perahu yang hilang,” kata AKP Anang, Kamis (04/07).

title="banner"