KNPI Akan Adakan Rakernas Usung Tema Pemuda dan Energi Bangsa

Banner

JAKARTA, detikkota.com – Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Musyawarah Agung (MA), yang akan diselenggarakan pada 3-4 Februari 2023 di Gedung Konferensi Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.

DPP KNPI yang dipimpin oleh Muhammad Ryano Panjaitan, dalam Rakernas dan Musyawarah Agung ini mengusung tema ‘Pemuda dan Energi Bangsa’ dengan tagline ‘KNPI Satu, Indonesia Maju dan Pemuda: Speed, Smart dan Solid’.

Banner

Rapat kerja yang bersifat nasional sekaligus konsolidasi program kerja pada kali ini akan membahas tentang kebijakan strategi organisasi. Menurut akun instagram knpi.id, Forum konsultasi ingin mendorong kemajuan pada peradaban Indonesia yang berbasis pada revolusi kebudayaan Bangsa Indonesia.

Sementara, Musyawarah Agung adalah salah satu pertemuan khusus yang melibatkan para pemuda yang tergabung dalam KNPI dengan para raja-raja, sultan dan tokoh adat nusantara.

Inilah rangkain kegiatan yang akan dilaksanakan pada Rakernas dan MA itu, yaitu:

Pada hari pertama, Pembukaan Rakernas akan dilakukan pada tanggal 3 Februari 2023 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, yaitu dengan kegiatan ‘study meeting’ bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju: salah satunya adalah Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Habib Luthfi bin Yahya selaku Dewan Pertimbangan Presiden RI.

Pada hari kedua, Musyawarah Agung, yakni pertemuan antara pemuda bersama para raja, sultan dan tokoh adat Nusantara. Kegiatan tambahan lainnya yaitu pertunjukan musik spesial dan kirab budaya dari berbagai kerajaan di Nusantara.

Sebagai informasi, kirab budaya atau yang sering disebut karnaval atau festival budaya adalah para unsur seperti kesenian, organisasi kemasyarakatan, sekolah dan lainnya, mengaktualisasikan atau memperagakan budaya atau peninggalan kekayaan kesenian yang dimilikinya, sambil berjalan bersama-sama secara teratur dan berurutan dari depan sampai ke belakang menuju pada titik yang telah ditentukan.

Gunanya yaitu menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan untuk warga masyarakat, baik kepada para wisatan, para generasi muda dan maupun anak-anak.

Sebelumnya, kegiatan lain yang sudah digelar pada pra-event yaitu, Diskusi Publik Situasi Politik Nasional “Siapkah Pemilu 2024?”. Dengan tujuan adalah ‘untuk mengenalkan dan memaparkan situasi dan polemik nasional jelang pemilu 2024, serta pengaruhnya kepada masyarakat luas.

Selain itu, santunan 100 Anak yatim-piatu, yang sudah dilaksanakan di Roemah Pemoeda/Sekretariat DPP KNPI untuk mengawali kegiatan rangkaian Rakernas KNPI dan Musyawarah Agung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Majelis Pemuda Indonesia (MPI) DPP KNPI, Para Pengurus KNPI, DPD KNPI se-Indonesia dan 191 Organisasi Kepemudaan (OKP) tingkat nasional. (Red)

title="banner"