Lagi, KPU Sumenep Lakukan PAW PPS

Pelantikan PAW 4 PPS Pemilu 2024 di Kantor KPU Sumenep.
Banner

SUMENEP, detikkota.com – Sejumlah penyelenggara Pemilu pada tingkat desa, Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengundurkan diri dari tugasnya. Akibatnya, penyelenggara yang bertugas mengkoordinir KPPS di tingkat TPS itu harus dilakukan pergantian antar waktu (PAW).

Pelantikan PAW dilaksanakan di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum KPU Sumenep, Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep, Jawa Timur, Senin (18/9/2023).

Banner

Komisioner KPU Sumenep, Divisi SDM dan Parmas, Rafiqi menjelaskan, ada 4 anggota PPS Pemilu 2024 yang dilantik dalam PAW tersebut.

“Masing-masing PPS Desa Talang Kecamatan Saronggi, PPS Tanah Merah Kecamatan Nunggunong, PPS Banjar Barat Kecamatan Gapura dan PPS Babbalan Kecamatan Batuan,” rincinya, Senin (18/9/2023).

Menurutnya, 4 anggota yang dilantik sebagai PPS menggantikan yang telah mengundurkan diri dan meninggal dunia sesuai dengan aturan perundang-undangan.

“Mereka adalah peserta rekrutmen PPS yang sebelumnya ada di urutan setelahnya dan berhak untuk dilantik menggantikan yang mengundurkan diri dan meninggal dunia,” jelasnya.

Mantan reporter radio swasta itu merinci, 4 anggota PPS yang diganti itu 3 karena mengundurkan diri dan 1 karena meninggal dunia.

“Khusus PPS Desa Banjar Barat Kecamatan Gapura karena meninggal dunia dan lainnya karena mengundurkan diri,” tegasnya.

Untuk diketahui, KPU Sumenep telah melakukan PAW PPS sebanyak 3 kali, dengan alasan yang berbeda-beda.

title="banner"