Waspada, Kawanan Anjing Liar Turun Gunung Sasar Perumahan Warga

Kawanan anjing liar pindah dari Jl. MH Thamrin menuju Jl. KH Mansyur.
Banner

SUMENEP, detikkota.com – Segerombolan anjing liar tiba-tiba ‘turun gunung’ dan berjalan bebas di sepanjang Jl MH Thamrin, Desa Pangarangan. Kecamatan Kota Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023) dini hari.

Setidaknya, ada 6 ekor anjing yang mondar-mandir seperti sedang mencari makanan. Terlihat, hewan buas itu memasuki gang perumahan warga secara bergerombol. Bahkan, mereka menyisir hampir semua gang yang terletak di timur dan barat jalan utama.

Banner

Warga sekitar, Nurul mengaku ketakutan dengan hadirnya kawanan hewan buas yang biasa hidup liar di hutan tersebut. Dia mengaku baru kali ini melihat kawanan anjing masuk ke gang dan halaman rumah warga.

“Ngeri. Gonggongannya saja menakutkan,” ucapnya.

Dia khawatir anjing-anjing ganas itu dapat mencelakai warga. Apalagi, meski ada kendaraan lewat, mereka seperti tidak ketakutan. Tetap tenang.

“Mungkin itu lapar. Setiap onggokan dan benda-benda yang ada di pinggir jalan diendus,” sebut Nurul.

Tidak hanya mengacak-acak daerah di Jl. MH Thamrin, kawanan anjing liar kemudian bergeser ke Jl. KH. Mansyur. Di daerah ini, mereka mendapat ‘perlawanan’ dari warga yang masih belum tidur.

Warga lain, Roni menduga kawanan anjing itu terpaksa turun ke perkotaan karena persediaan makanan di habitatnya habis. “Makanya (anjing-anjing liar itu) cari makan ke sini,” imbuhnya.

Menurutnya, kawanan anjing liar itu dapat mengganggu hewan atau tanaman berbuah yang gampang terjangkau. Bahkan, basa saja merusak barang-barang milik warga.

“Karena lapar, apa pun akan dimakan. Terutama hewan peliharaan,” kata Roni.

Dia mengingatkan warga, khususnya pemilik hewan peliharaan lebih berhati-hati agar tidak menjadi tumbal anjing-anjing yang diduga sedang kelaparan.

“Sebaiknya gunakan sangkar yang kokoh dan susah terjangkau agar hewan peliharaannya aman,” pungkasnya.

title="banner"