Pimpin Upacara Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep, Fauzi Beber Sejumlah Keberhasilan

Bupati H. Achmad Fauzi Wongsojudo memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep di Lapangan Adirasa PT Garam, Kalianget.
Banner

SUMENEP, detikkota.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur melaksanakan upacara Peringatan Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep di Lapangan Adirasa PT Garam, Kalianget, Selasa (31/10/2023).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Hj. Dewi Khalifah, Jajaran Forkopimda, Sekdakab Edy Rasyadi, Pimpinan OPD, Camat dan suluruh ASN serta perwakilan mahasiswa dan siswa dengan mengenakan pakaian keraton.

Banner

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi mengatakan Hari Jadi Kabupaten Sumenep tahun ini bertajuk Masa Kejayaan menjadi pemicu motivasi bagi masyarakat untuk lebih maju dengan menggali segala potensi, baik kesenian, kebudayaan, sumber daya alam dan potensi lainnya.

“Peran semua elemen harus bersama-sama dalam konsep Pentahelix atau multipihak untuk meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Sumenep,” pinta Bupati Fauzi.

Menurutnya, pemerintah daerah melalui instansi terkait berusaha menjalankan program, sesuai dengan visi dan misi yang  dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah penurunan angka kemiskinan yang pada tahun 2022 berada pada posisi 18,76% turun dari angkat sebelumnya 20,51% di tahun 2021.

Sementara untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Sumenep tahun 2022 menunjukkan angka penurunan dibanding pada tahun-tahun sebelumnya.

“Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Sumenep, angka pengangguran terbuka tahun 2022 sebesar 1,36 persen. Angka itu menurun dibanding 2 tahun sebelumnya, masing-masing di atas 2,31 persen pada 2021 dan 2,84 persen pada tshun 2020,” beber Fauzi.

Keberhasilan lainnya, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi tahun 2021 setelah wabah Covid-19 berada diangka 3,1% dan saat ini menjadi 5,02% pada 2022. Sementara Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) saat ini di angka 68,87% dari sebelumnya 68,07%.

“Meski dapar menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran terbuka tidak boleh berpuas diri, karena seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan pemerintah daerah tetap harus terus berkomitmen untuk bekerja keras dan cerdas demi menyejahterakan masyarakat,” pintanya.

Bupati menegaskan, semua keberhasilan program pembangunan sejatinya merupakan kerja sama seluruh elemen di Kabupaten Sumenep yang telah bergotong royong membangun daerah di segala sektor, sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Kami mengharapkan semua elemen di Kabupaten Sumenep meningkatkan gotong royong, untuk berperan aktif ikut serta membangun daerah,” pungkas Bupati Fauzi.

title="banner"