Berikut Evaluasi Bawaslu RI Atas Debat Perdana Pilpres 2024

Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenti.
Banner

JAKARTA, detikkota.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengevaluasi pelaksanaan debat perdana Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satunya, agar lokasi debat tidak lagi digelar di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenti mengatakan, lokasi debat perdana di KPU itu terlalu kecil. Terlebih untuk jumlah massa yang telah disepakati KPU dengan tim para pasangan calon.

Banner

“Salah satu poin saran perbaikan yang disampaikan oleh Bawaslu adalah soal tempat. Tempatnya kemarin dengan jumlah orang yang banyak menjadi terlalu sempit,” ucap Lolly di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat dilansir detik, Minggu (17/12/2023).

Lolly menyarankan agar dipilih lokasi yang lebih luas dan dapat menampung jumlah pendukung. Tujuannya, agar euforia pendukung tetap terkontrol dan debat dapat berjalan kondusif.

“Maka kami menyarankan untuk yang akan datang tidak dilakukan di kantor KPU lagi. Tapi di tempat yang lebih memungkinkan semua orang terkontrol, euforia terkontrol lalu tidak crowded juga,” pintanya.

“Kemaren kan kalau sahabat-sahabat masuk, itu arena penuh sekali, panas, sehingga kemudian terjadi hal yang tidak kondusif. Ini juga yang kemudian kami sarankan sebagai saran perbaikan kepada KPU,” lanjutnya.

Seperti diketahui, debat perdana Pilpres 2024 dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023) di depan Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Tiga pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo menjalani debat perdana dengan berdiri tanpa podium di tengah panggung melingkar. Mereka baru diizinkan duduk saat jeda.

Ke depan, KPU masih akan menggelar 4 debat lagi selama proses kampanye Pilpres 2024.

Debat kedua akan digelar Jumat (22/12/2023). KPU mengatakan debat akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

title="banner"