Gelar Pesta Bahari, PAUD HI El-Fath Kenalkan Manfaat Konsumsi Ikan Sejak Dini

Banner

SUMENEP, detikkota.com – PAUD Holistik Integratif (HI) El-Fath bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar Pesta Bahari 2023.

Kegiatan yang berlangsung sejak 16 s.d 25 Februari 2023  itu diisi dengan berbagai acara menarik.

Banner

Direktur PAUD HI El-Fath, Nurul Hayati mengungkapkan, Pesta Bahari bertujuan agar peserta didiknya bisa senang terhadap ikan. Sebab, rata-rata mereka tidak suka ikan dan sayur. Mereka terbiasa makan yang serba instan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan ada penyadaran orang tua agar semakin peduli terhadap gizi anak mereka. Sehingga anak-anak bisa tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan sehat,” harap Nurul, Rabu (22/2/2023).

Selain itu, Nurul berharap bisa meningkatkan partisipasi orang tua terhadap kegiatan sekolah anak.

Di samping bekerja sama dengan pemerintah, pihaknya juga mengajak para pengusaha untuk memiliki kepedulian dan perhatian terhadap pendidikan anak usia dini.

“Karena apapun pengetahuan yang diberikan itu akan menjadi pondasi dasar ketika anak-anak masih usia dini. Jika sejak usia dini mereka bisa ditata dengan baik, insya Allah ke depannya akan berkembang lebih maksimal,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Nurul,  kegiatan Wisata Bahari juga mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi kasus stunting dengan memenuhi 5 dasar kebutuhan anak.

“Kebutuhan anak berupa stimulasi pendidikan, kesehatan gizi, perawatan pengasuhan, perlindungan anak dan kesejahteraan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Edie Ferrydianto mendukung kegiatan yang dilaksanakan PAUD HI El-Fath. “Ini penting, agar anak-anak memiliki pengetahuan tentang manfaat mengonsumsi ikan sejak usia dini”, tuturnya.

Untuk itu, pihaknya memfasilitasi mereka mengenal lebih dekat tempat-tempat pengolahan berbahan dasar ikan. Mereka diajak mengunjungi kelompok pengolah ikan di Desa Karang Anyar Kecamatan Kalianget.

Selanjutnya, mengunjungi pengolahan krupuk amplang di Desa Kertasada Kecamatan Kalianget serta pengolah ikan lele di Desa Langsar Kecamatan Saronggi.(ali/red)

title="banner"