Kemenag Gelar KSM, Diharapkan Lahir Bibit Unggul yang Mengharumkan Sumenep di Kancah Nasional dan Internasional

Banner

SUMENEP, detikkota.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten. KSM merupakan ajang bergengsi bagi siswa madrasah untuk menguji kemampuan akademik mereka di bidang sains.

Kompetisi untuk jenjang MI, MTs, dan MA ini, dilaksanakan di empat lokasi, yaitu MAN Sumenep, MTsN 2 Sumenep, Kecamatan Arjasa, dan Kecamatan Raas, dari tanggal 01 hingga 03 Juli 2024.

Banner

Tahun ini, KSM yang digelar oleh Kemenag Sumenep diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai madrasah di seluruh wilayah kabupaten Sumenep.

Kepala Kantor Kemenag Sumenep Abdul Wasid menyampaikan, kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah dan memotivasi siswa untuk terus belajar dan berprestasi.

“KSM ini merupakan ajang bagi siswa-siswi madrasah untuk menunjukkan kemampuan mereka di bidang sains. Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat memotivasi mereka untuk terus belajar dan berprestasi,” terang Wasid, Rabu (03/07/2024) kemarin.

Sedangkan, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Sumenep Muhammad Shadiq, berpesan kepada para peserta KSM untuk mengerjakan soal dengan teliti dan penuh semangat.

“Jangan takut salah, yang terpenting adalah kalian berusaha semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Menurutnya, KSM tingkat Kabupaten ini merupakan tahapan awal untuk menuju KSM tingkat provinsi dan nasional. Para juara KSM tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Sumenep untuk bertanding di tingkat provinsi Jawa Timur.

“Diharapkan melalui KSM ini, akan lahir bibit-bibit unggul dari madrasah di Sumenep yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Sumenep di kancah nasional dan internasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, KSM tingkat kabupaten ini mempertandingkan beberapa mata pelajaran sains di tingkat MA/SMA yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Geografi, sedangkan untuk yang tingkat MTs/SMP yaitu Matematika, IPA Terpadu dan IPS Terpadu. Untuk Tingkat MI/SD ialah Matematika dan IPAS.

title="banner"